Enter your keyword

Upaya Percepatan Pembangunan Kebudayaan, Disparbud Jabar Audiensi dengan Kemendikbudristek RI

Upaya Percepatan Pembangunan Kebudayaan, Disparbud Jabar Audiensi dengan Kemendikbudristek RI

JAKARTA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, Jakarta, Selasa 14 Juni 2022. Kunjungan kerja ini ditujukan untuk koordinasi perihal percepatan pembangunan kebudayaan di Provinsi Jawa Barat dan sinergi program dengan pemerintah pusat.

Pada kesempatan ini, Kadisparbud melakukan audiensi dengan Fitra Arda selaku Sekretaris Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek. Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparbud Jabar Rispiaga, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Jabar Febiyani, serta Kepala UPTD PKDJB Erick Henriana.

Kadisparbud menyampaikan beberapa program yang sedang dan akan dilaksanakan seperti pengusulan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) 2022, rencana revitalisasi Taman Budaya, serta penempatan Jabatan Fungsional Pamong Budaya. Dalam pelaksanaan program-program tersebut, Disparbud Jabar butuh dukungan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemendikbudristek.

“Jawa Barat ini memiliki banyak potensi kebudayaan. Tahun lalu kita menempati peringkat 3 nasional untuk provinsi dengan penetapan WBTB terbanyak. Untuk itu mohon dukungannya terkait sertifikasi,” ucap Kadisparbud.

Selain itu Kadisparbud juga menjelaskan rencana memanfaatkan Gedung Negara di Cirebon, Bogor, dan Purwakarta. Bahkan tercetus gagasan untuk berkolaborasi terkait konten kebudayaan yang berpeluang disiarkan di chanel Indonesiana TV milik Kemendikbudristek.

Dari kunjungan kerja ini, didapat sejumlah arahan dan masukan terkait percepatan pembangunan kebudayaan. Salah satunya yaitu arahan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk rencana penataan Gedung Negara dan Ruang Kreasi.