Enter your keyword

Desa Baros Kabupaten Bandung Berhasil Torehkan Prestasi, Masuk 75 Besar ADWI 2023

Desa Baros Kabupaten Bandung Berhasil Torehkan Prestasi, Masuk 75 Besar ADWI 2023

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menjadi saksi saat ditetapkannya Desa Wisata Baros sebagai salah satu dari 75 desa terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Proses penetapan tersebut dilakukan secara hybrid oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Jumat 19 Mei 2023.

Mewakili Menparekraf RI Sandiaga Uno, Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Indra Ni Tua menyerahkan piagam penghargaan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana. Dalam sambutannya, Indra mengapresiasi kinerja pengelola Desa Wisata Baros yang kreatif dan inovatif dalam memajukan serta mempromosikan berbagai potensi di wilayahnya.

“Kalau kita lihat kekuatan utama di Desa Wisata Baros ini adalah manusia dan itu paling penting. Ada kreativitas, pola pikir, usaha dan kerja sama dengan semua pihak. Percayalah bahwa Desa Wisata Baros ini akan berkembang,” kata Indra.

Desa wisata Baros memiliki beberapa keunggulan. Wisatawan yang berkunjung ditawarkan untuk menikmati keindahan alam dataran tinggi, wisata edukasi seni, wisata edukasi pertanian, serta wisata kuliner.

Menurut Indra, potensi di Desa Wisata Baros bisa memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bandung. Tak hanya wisatawan lokal, Desa Wisata Baros juga dinilai menarik untuk wisatawan luar provinsi.

“Di Kabupaten Bandung ini jumlah penduduknya sekitar 3,7 juta. Apabila 10 persen saja yang berkunjung ke sini, berarti ada sekitar 370 ribu orang yang bisa menggerakan ekonomi untuk warga di Desa Wisata Baros, itu luar biasa sekali,” ucapnya.

Dengan Desa Wisata Baros, berarti sudah 13 desa di Provinsi Jawa Barat yang masuk ADWI. Sebelumnya ada Desa Wisata Taraju (Tasikmalaya), Desa Wisata Selamanik (Ciamis), Desa Wisata Cibeusi (Subang), Desa Wisata Gegesik Kulon (Cirebon), Desa Wisata Alamendah (Bandung), Desa Wisata Saung Ciburial (Garut), Desa Wisata Selasari (Pangandaran), Desa Wisata Cisande (Sukabumi), Desa Wisata Cibuntu (Kuningan), Desa Wisata Hanjeli (Sukabumi), Desa Wisata Situs Gunung Padang (Cianjur), dan Desa Wisata Bantaragung (Majalengka).

 

Penulis: Bagusthira Evan Pratama