Enter your keyword

Diresmikan Ridwan Kamil, Kawasan Situ Gede Kota Bogor Jadi Semakin Indah

Diresmikan Ridwan Kamil, Kawasan Situ Gede Kota Bogor Jadi Semakin Indah

BOGOR – Penataan kawasan situ Gede di Kota Bogor akhirnya telah selesai. Proses peresmian hasil revitalisasi dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang didampingi Walikota Bogor Bima Arya, Kamis 19 Januari 2023.

Kini beragam fasilitas dapat dinikmati seperti wahana air, jogging track, tempat istirahat, hingga spot untuk pelaku UMKM. Gubernur berharap Situ Gede bisa dimanfaatkan sebagai destinasi ekowisata.

“Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi. Ke depannya bisa ditambah fasilitas lagi sesuai kebutuhan tempat ini biar semakin istimewa. Tentunya Situ Gede ini diharapkan menjadi daya tarik, karena yang berkunjung ke Kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata,” ucap Gubernur.

“Tidak banyak kota-kota yang punya danau, jadi ini betul-betul harus dijadikan tempat yang luar biasa. Kalau masih kurang, nanti kita bikin sesuatu yang viral. Mudah-mudahan membawa kemaslahatan buat masyarakat,” tambahnya.

Dok foto: Humas Pemkot Bogor

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga melakukan beberapa kegiatan seperti melepas benih ikan hingga bermain kano bersama Walikota Bogor. Ke depannya, Gubernur ingin aktivitas olahraga diadakan di Situ Gede untuk menarik kunjungan masyarakat.

“Tolong ramaikan dengan kegiatan-kegiatan seperti Agustusan, Cap Go Meh, atau apapun yang berhubungan dengan air. Bisa perahu naga dan lainnya. Saya kira itu akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa,” tuturnya.

Revitalisasi Situ Gede merupakan bagian dari upaya konservasi serta pengendalian banjir. Dalam pengerjaannya, anggaran yang digunakan berjumlah Rp 7 miliar.

“Pak Gubernur ini sudah banyak sekali membantu membangun Kota Bogor. Sebelumnya (di hari yang sama) kami meresmikan tambahan gedung baru di RSUD Kota Bogor yang juga dibantu anggaran provinsi. Sekarang Situ Gede,” kata Walikota Bogor.

“Nanti Insya Allah akan dibantu juga desain dari Pak Gubernur untuk di Situ Gede ini. Karena perlu sesuatu yang menjadi ikon di sini,” pungkasnya.

 

Dok foto: Biro Adpim Jabar

Penulis: Bagusthira Evan Pratama