Program SWJ Ambassador Lahirkan Inspirasi, Menparekraf Ajak Content Creator Berinovasi Majukan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
BANDUNG – Keberadaan media sosial sangat melekat erat dengan kehidupan masyarakat. Berbagai hal dapat dilakukan di media sosial termasuk mempromosikan pariwisata serta produk-produk ekonomi kreatif.
Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat memberi pelatihan content creator dan fotografi di Upnormal Coffee Roasters, Kota Bandung, Minggu 22 Januari 2023. Menurutnya konten kreatif memegang peran penting dalam upaya memajukan sektor pariwista dan ekonomi kreatif di Tanah Air.
“Pelatihan ini diharapkan tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Kenapa? Karena pariwisata kita sekarang sedang meningkat secara signifikan dan ekonomi kreatif kita juga melesat. Jadi para pelaku UMKM harus mampu menciptakan konten kreatif karena sebuah gambar itu bisa menceritakan beribu-ribu kata dan sebuah video bisa menceritakan jutaan kisah,” ucap Menparekraf.
Ia menambahkan, Jawa Barat memiliki beragam potensi yang bisa dioptimalkan. Dengan kreativitas, Menparekraf yakin perekonomian Jawa Barat akan meningkat seiring majunya sektor parekraf.
“Saya optimistis jika masyarakat berjuang dalam kebersamaan, bersatu-padu mengambil peluang, maka Jawa Barat dengan destinasi-destinasi wisata yang luar biasa ini bisa menggerakkan ekonomi lokal,” ungkapnya.
Apa yang disebutkan Menparekraf telah diterapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui program Smiling West Java Ambassador. Sebanyak 108 content creator berkeliling Jawa Barat untuk mempromosikan destinasi pariwisata mapun produk-produk ekonomi kreatif lewat konten di media sosial Instagram.
Dok foto: Kemenparekraf RI
Penulis: Bagusthira Evan Pratama