Enter your keyword

Disparbud Jabar Resmi Membuka Audisi Gita Bahana Nusantara 2022

Disparbud Jabar Resmi Membuka Audisi Gita Bahana Nusantara 2022

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui UPTD PKDJB menggelar Audisi Gita Bahana Nusantara 2022. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Rabu 20 Juli 2022.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi sarana untuk mencari putra-putri Jawa Barat yang berpotensi di bidang tarik suara. Dari 61 peserta audisi, akan dipilih empat orang berdasarkan jenis suara sopran, alto, tenor dan bass untuk mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional yang nantinya bakal tampil di Istana Negara Jakarta pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

“Tentunya kegiatan ini bisa memberikan motivasi atau menunjukkan kompetensi yang luar biasa yang ada di Jawa Barat. Saya juga berharap di dalam kegiatan Gita Bahana Nusantara ini akan menghasilkan para vokalis terbaik perwakilan Jawa Barat yang benar-benar berkualitas dan mampu menyatu dengan vokalis dari daerah lain,” ucap Kadisparbud Jabar.

“Saya titip jaga diri baik-baik. Jaga tata krama dan kesopanan. Tentunya kami berharap adik-adik semua bisa menjadi duta pariwisata juga sehingga itu lebih menarik,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek yang diwakili Koordinator Pokja Diplomasi Budaya Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Budaya Yayuk Sri Budi Rahayu menjelaskan, dalam audisi ini peserta paling banyak berasal dari Jawa Barat. Hal tersebut menujukan bahwa potensi seni di Jawa Barat sangatlah besar.

“Mudah-mudahan sesuai arahan Pak Direktur juga bahwa tahun depan Jawa Barat bisa melakukan audisi lebih awal dan polanya lebih terstruktur. Barangkali bisa dimulai dari masing-masing kabupaten/kota, kemudian yang terbaiknya mengikuti pada level provinsi,” ujarnya.

“Anak-anak Jawa Barat ini memiliki potensi yang sangat luar biasa. Ini harus dikelola dengan baik. Kemudian, persatuan dari Gita Bahana ini juga bisa dikembangkan karena sangat menginspriasi,” sambungnya.

Gita Bahana Nusantara sendiri sudah ada sejak 2003 lalu. Program ini diinisiasi oleh Mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri yang sangat menginginkan adanya wadah untuk anak-anak muda yang memiliki bakat di bidang seni musik.

 

Penulis: Bagusthira Evan Pratama