Enter your keyword

Geliatkan Pemulihan Ekonomi, Disparbud Jabar Dukung Event Sepeda di Jabar Selatan

Geliatkan Pemulihan Ekonomi, Disparbud Jabar Dukung Event Sepeda di Jabar Selatan

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat siap mendukung salah satu event sepeda terbesar di Tanah Air. Kegiatan tersebut rencananya akan digelar di jalur Jabar selatan dengan rute Palabuan Ratu-Pantai Pangandaran.

Kadisparbud Jabar berharap acara nanti bisa menggeliatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan industri kreatif. Hal tersebut sesuai dengan salah satu program strategis Pemprov Jabar yaitu pengembangan wilayah Jabar selatan.

“Sampai hari ini pertumbuhan ekonomi daerah Jabar Selatan bisa dikatakan sangat lambat. Untuk itu Pak Gubernur benar-benar berkonsentrasi mengaktiviasi destinasi wisata di sana, apalagi sudah ada Perpres 87 tahun 2021 mengenai pengembangan kawasan Rebana dan Jabar Selatan. Tentunya ini sudah menjadi isu nasional yang harus segera ditindaklanjuti,” kata Kadisparbud Jabar, Senin 1 Agustus 2022.

Menurutnya Jabar selatan memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Hanya saja butuh perbaikan untuk memenuhi unsur 5A yakni aksesibilitas, aktivitas, atraksi, akomodasi, amenitas.

“Untuk urusan ini, perlu beberapa stakeholder yang terlibat. Maka dari itu kami membentuk Team of Team yang terdiri dari pemerintah provinsi, kabupaten, kota, juga Bank BJB. Tujuannya untuk memudahkan akselerasi,” ucap Kadisparbud.

“Yang dipikirkan kami adalah bagaimana caranya masyarakat di destinasi wisata tidak hanya sebagai penonton, tapi mereka juga menjadi pelaku industri pariwisata. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat pada masyarakat di sana,” tambahnya.

Disparbud Jabar sendiri sudah melakukan monitoring lapangan pada 11-14 April 2022 lalu. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi salah satu titik kebangkitan ekonomi masyarakat menuju Jabar juara.