Enter your keyword

Gubernur Jabar Resmikan Revitalisasi Situ Rawa Kalong, Destinasi Wisata Instagramable di Kota Depok

Gubernur Jabar Resmikan Revitalisasi Situ Rawa Kalong, Destinasi Wisata Instagramable di Kota Depok

DEPOK – Situ Rawa Kalong menjadi daya tarik wisata baru di Kota Depok. Danau buatan yang berada di Kecamatan Cimanggis ini telah selesai direvitalisasi dan peresmiannya dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat 5 Agustus 2022.

Pembenahan atau revitalisasi yang dilakukan mencakup jalur pedestrian dan beberapa ikon spot foto instagramable. Bahkan di area Situ Rawa Kalong disediakan sarana untuk berlenggak-lenggok ala Citayam Fashion Week.

Gubernur berharap warga Depok bisa menjaga dan merawat Situ Rawa Kalong agar menjadi ruang publik yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan. Untuk sementara, pengelolaan masih dipegang oleh Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Provinsi Jawa Barat.

“Tolong titip jaga ketertiban dan kebersihannya. Fungsi situ ini ada dua yaitu fungsi irigasi dan fungsi sosial. Karena situ ini ada di daerah padat penduduk, maka harus selalu dijaga kebersihannya,” ucap Gubernur.

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga menyempatkan diri melintasi jembatan apung di Situ Rawa Kalong. Gubernur ditemani Bonge, salah satu ikon Citayam Fashion Week yang sangat viral di media sosial.

Jembatan apung tersebut didesain sedemikian rupa agar mengikuti goyangan ombak atau arus air, dengan tetap mempertimbangkan aspek keamanan. Hal ini merupakan daya tarik khusus dari Situ Rawa Kalong, sekaligus menjadikannya sebagai area unik untuk para pegiat media sosial.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh Pemprov Jabar. Dia mengimbau agar seluruh warga dapat menjaga dan merawat Situ Rawa Kalong sebagai daya tarik wisata baru di Kota Depok.

“Kami warga Depok mengucapkan ribuan terima kasih pada Kang Emil Gubernur Jawa Barat. Insya Allah kita akan lanjutkan pembangunan lainnya seperti jalan dan masjid raya yang desainnya nanti dari Pak Gubernur,” ucapnya.

Kegiatan peresmian ini turut dihadiri Kepala DSDA Jabar Dikky Achmad Sidik, serta Kepala Dinas pariwisata dan Keudayaan Provnsi Jawa Barat yang diwakili Heni Hendrayani selaku Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Muda.

Photo by : Pipin Sauri – Biro Adpim