Enter your keyword

Menparekraf Minta Pasar Ekonomi Kreatif Diperluas, Ini Strategi Pemprov Jawa Barat

Menparekraf Minta Pasar Ekonomi Kreatif Diperluas, Ini Strategi Pemprov Jawa Barat

GARUT ā€“ Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata Rispiaga mendampingi kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno ke Kabupaten Garut, Sabtu 18 Juni 2022. Kunjungan kerja tersebut ditujukan untuk meninjau geliat UMKM serta audiensi dengan sejumlah pelaku ekonomi kreatif.

Menparekraf menilai Jawa Barat memiliki potensi besar dalam sektor ekonomi kreatif. Maka dari itu perlu strategi yang tepat agar bisa memperluas jangkauan pasar ekraf baik secara nasional maupun internasional.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Industri Pariwisata Disparbud Jabar mengatakan bahwa saat ini Pemprov sudah menyusun sejumlah strategi dalam pengembangan penjualan produk-produk ekraf. Hal itu disampaikan dalam kegiatan pelatihan parekraf di Rumah Mak Ayu Samiraos, Desa Sindangprabu, Kecamatan Wanaraja.

“Memang salah satu tantangan terbesar di Jabar adalah membuka akses pasar yang lebih luas dan ini masuk ke program yang akan dijalankan. Di antaranya memitrakan para pelaku UMKM dengan industri besar maupun jaringan distribusi besar,” ucapnya di hadapan Menparekraf.

“Pelaku ekraf Jawa Barat harus ambil bagian dalam kesempatan ini. Selain itu arahan pusat untuk Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) bagi pemerintah atau BUMN, karena itu menjadi peluang ekraf yang harus segera diambil,” tambahnya.

Di hari yang sama Disparbud Jabar juga mendampingi Menparekraf dalam kegiatan Kabupaten/Kota Kreatif (Kata Kreatif) di Art Center Garut. Bahkan sebelumnya rombongan juga meninjau geliat ekraf di Kabupaten Tasikmalaya. Di sana Menparekraf berpesan kepada para pelaku ekraf Tasikmalaya agar bisa memasarkan produknya secara lebih luas. Salah satunya melalui kegiatan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

“Apresiasi Kreasi Indonesia merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf yang menyasar 16 kabupaten/kota di Indonesia. Selain untuk mendorong daya beli masyarakat, kehadiran AKI juga untuk mendukung kampanye pemerintah #BanggaBuatanIndonesia,” ucapnya.

“Ini adalah upaya kita untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang dua tahun tertimpa pandemi. Saya harapkan dari acara ini lahir juara-juara, produk-produk UMKM ekonomi kreatif kita yang bisa mendunia,” pungkasnya.

Dok foto: Kemenparekraf RI