Enter your keyword

Pemprov Jabar Apresiasi dan Dukung Penuh Bandung West Java Arts Festival

Pemprov Jabar Apresiasi dan Dukung Penuh Bandung West Java Arts Festival

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung penuh terselenggaranya Bandung West Java Arts Festival. Kegiatan pentas kesenian dari dalam dan luar negeri tersebut akan dilaksanakan di Kota Bandung pada 28-30 Oktober 2022.

Acara akan dibuka dengan pertunjukan Ronggeng Gunung yang dibawakan sekitar seribu penari di halaman Gedung Sate. Setelah itu kegiatan dilanjutkan di Teater Tertutup Taman Budaya yang melibatkan banyak seniman dari beberapa provinsi seperti Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, dan tentunya Jawa Barat. Selain itu juga hadir secara hybrid seniman-seniman dari Bangladesh, Belanda, Jerman, Malaysia, Ekuador, Meksiko, India, Hongkong, Jepang, Thailand, Austria, Australia, Maroko, dan Amerika Serikat.

Mewakili Pemprov Jabar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benny Bachtiar mengapresiasi terselenggaranya Bandung West Java Arts Festival. Kadisparbud Jabar juga berterima kasih kepada komunitas Bongkeng Art Space yang sudah berinisiatif mengadakan kegiatan ini.

“Komunitas Bongkeng ini inisiatifnya luar biasa. Kami mengparesiasi yang dilakukan komunitas Bongkeng. Maka kami dari pemerintah berupaya semaksimal mungkin mendukungnya dengan memberikan fasilitas kepada Komunitas Bongkeng agar kegiatan berjalan dengan standar internasional,” kata Kadisparbud saat konfrensi pers di Taman Budaya, Kota bandung, Kamis 27 Oktober 2022.

“Kami harap ini jadi agenda tahunan atau masuk dalam calendar of events. kalau bisa bulan Juli tiap tahun sehingga kita bisa bersilaturahmi dengan saudara-saudara se-Nusantara dan luar negeri,” tambahnya.

Bandung Arts Festival sudah terselenggara selama delapan tahun. Pada 2022 ini tema yang diusung adalah ‘Bangkit dan Berkarya Setelah Pandemi’.

Selain pertunjukan kesenian, nantinya acara juga diramaikan dengan workshop, diskusi, hingga pameran foto dan alat musik berbahan daur ulang. Bandung Arts Festival diharapkan bisa merangkul para seniman dari berbagai daerah maupun latar belakang.

“Bandung West Java Arts Festival merupakan kolaborasi antara Komunitas Bongkeng Art Fest bersama Disparbud Jabar. Awalnya ini bernama Bandung Art Festival dan memiliki perjalanan panjang. Terima kasih dukungannya kepada pemerintah karena ini menjadi energi besar bagi kami untuk terus berkarya,” ucap Deden Buleng, Ketua Komunitas Bongkeng Art Space.

 

Penulis: Bagusthira Evan Pratama