Enter your keyword

Pentas Urban Art 2022, Wujud Kolaborasi Spektakuler Budaya Aceh dan Jawa Barat

Pentas Urban Art 2022, Wujud Kolaborasi Spektakuler Budaya Aceh dan Jawa Barat

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Pentas Urban Art 2022. Acara yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh tersebut merupakan ajang silaturahmi keluarga besar masyarakat Aceh yang tinggal di Jawa Barat, sekaligus menjadi wujud kolaborasi budaya antar dua provinsi.

Hal itu disampaikan Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar yang diwakili Sekretaris Dinas Andrie Kustria Wardana. Menurutnya kolaborasi ini menjadi tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang sudah ditandatangani Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Desember 2021 lalu.

“Indonesia dibangun bukan hanya Aceh atau Jawa Barat saja, tapi oleh kita semua. Karena itu, kolaborasi ini sangat menguatkan. Tahun lalu Gubernur Jabar sudah menandatangani MoU (perjanjian kerja sama) dengan Gubernur Aceh dan hari ini ada momentum untuk tindak lanjut bersama,” ujar Sekdisparbud Jabar di Teater Tertutup Taman Budaya, Kota Bandung, Sabtu 25 Juni 2022 malam.

“Yang paling penting untuk kita semua adalah mengimplementasikannya. Insya Allah kolaborasi ini menjadi penguat bagaimana Indonesia dibangun secara bersama-sama,” lanjutnya.

Hal senada diutarakan Plt. Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal. Menurutnya, kedua provinsi sama-sama punya kekuatan soal budaya dan pariwisata. Dengan potensi yang ada, ia optimistis bisa membangun kolaborasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Harapan saya dengan adanya ini bisa mempererat persaudaraan Aceh dan Jawa Barat khususnya soal seniman, budaya, dan pariwisata. Teman-teman di Jawa Barat silakan berkunjung ke Aceh karena kami punya prinsip untuk selalu memuliakan tamu. Bagi kami itu adalah adat kebiasaan dan saya atas nama Gubernur serta Pemerintah Aceh mengundang seluruh bapak dan ibu yang hadir di sini untuk ke Aceh melihatnya secara langsung,” ucapnya.

Pentas Urban Art 2022 sendiri berlangsung meriah dengan menghadirkan berbagai pertunjukan seni tari-tarian Aceh dan Jawa Barat. Bahkan yang lebih spektakuler yaitu momen dimana musisi Aceh dan Jawa Barat secara bersama-sama memainkan lagu dengan menggabungkan alat musik tradisional dari masing-masing provinsi.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dahlan Jamaluddin, Keluarga Masyarakat Aceh Bandung (KAMABA), serta para pelaku seni yang tergabung dari berbagai sanggar.