Enter your keyword

Dharma Wanita Persatuan Disparbud Jabar Gelar Bazar UMKM dan Apresiasi Seni Budaya

Dharma Wanita Persatuan Disparbud Jabar Gelar Bazar UMKM dan Apresiasi Seni Budaya

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan Bazar UMKM dan Apresiasi Seni Budaya di Museum Sri Baduga, Kota Bandung, 5-7 Agustus 2022. Kegiatan ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Dharma Wanita serta memulihkan dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dengan menghadirkan berbagai booth UMKM dari mulai kuliner, ekonomi kreatif, bahan pokok, sampai produk fashion.

Hadir pada kegiatan ini Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat Dwina Rosmini. Menurutnya DWP Disparbud Jabar sangat inovatif khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi kreatif pasca pandemi.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya karena Dharma Wanita di tingkat OPD sangat aktif dengan kegiatannya masing-masing. Saya juga bersyukur karena dengan adanya Dharma Wanita ini, kita bisa saling belajar, silaturahmi, dan mengembangkan diri,” ucapnya pada acara pembukaan, Jumat 5 Agustus 2022.

Selain itu, acara ini juga menjadi sarana promosi terkait aktivasi Museum Sri Baduga yang sempat tutup karena pandemi. Diharapkan ke depannya banyak wisatawan yang berkunjung ke Museum Sri Baduga untuk melihat dan mempelajari sejarah Jawa Barat.

“Sebetulnya banyak DWP dari provinsi lain yang ingin ke Bandung. Biasanya kita bawa ke Gedung Sate atau ke Dekranasda supaya ekonominya bisa berjalan. Tapi menurut saya, Museum Sri baduga ini menjadi potensi lain yang dapat kita tunjukkan ke DWP dari provinsi luar. Dengan itu diharapkan ke depannya kegiatan museum menjadi kembali hidup, begitupun dengan perekonomianya karena banyak sekali potensi yang bisa kita tawarkan,” tuturnya.

Acara ini akan digelar 3 hari hingga Minggu 7 Agustus 2022. Selain bazar, juga ada kegiatan lainnya seperti pelatihan untuk pelaku UMKM, lomba Rampak Sekar, lomba fashion show TK dan SD, lomba mewarnai, lomba tiktok, lomba karaoke, hingga lomba booth terbaik.

“Kami sampaikan apresiasi bahwa dari DWP ini bisa membuat sebuah event yang luar biasa. Berlangsung selama tiga hari, bazarnya luar biasa, acaranya pun sangat banyak dari mulai Rampak Sekar, fashion show, dan sebagainya. Insya Allah semakin meriah,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang diwakili Sekretaris Dinas Andrie Kustria Wardana.

“Kita berharap kegiatan hari ini, besok, dan lusa sukses serta penuh keberkahan. Juga Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat beserta Dharma Wanita SKPD semakin kompak dan semakin kuat,” tambahnya.

Terkait Museum Sri Baduga, Sekdisparbud yakin kunjungan wisatawan akan kembali ramai. Terlebih saat ini Disparbud Jabar melalui UPTD PKDJB sedang melakukan renovasi agar museum terlihat lebih cantik dan nyaman.

“Kami sedang memikirkan bagaimana mengembalikan museum setelah dua tahun kita didera Covid-19. Insya Allah tahun depan bisa lebih luar biasa,” ujar Sekdisparbud.

“Hari ini secara warna warni sudah diubah oleh Pak Kadis, di dalamnya pun dirapikan sehingga hadir ke museum itu menjadi sebuah keinginan atau rasa penasaran. Karena jangan sampai kita melupakan sejarah. Insya Allah sejarah Jawa Barat sebagian besar berada di museum ini,” pungkasnya.