Enter your keyword

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Gelar Rapat Koordinasi Lanjutan Terkait Pembangunan Jabar Selatan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Gelar Rapat Koordinasi Lanjutan Terkait Pembangunan Jabar Selatan

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar rapat koordinasi lintas OPD terkait percepatan pembangunan kawasan Jabar Selatan. Rapat tersebut diadakan di Ruang OP Disparbud Jabar, Kamis 29 September 2022.

Sesuai Inmendagri No 87 Tahun 2021, Jabar Selatan masuk prioritas pengembangan dengan tujuan menyamaratakan ekonomi masyarakat di seluruh Jawa Barat. Salah satu program yang dikedepankan Pemprov Jabar yaitu memaksimalkan potensi daya tarik wisata.

“Rapat ini membahas program jangka panjang dan pendek. Kita juga terus mencari destinasi wisata unggulan yang dapat dipasarkan secara global,” ucap Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar.

“Untuk jangka pendek, kami akan membuat area percontohan dengan melihat kriteria destinasi wisata. Selain itu juga akan dibuat kajian tentang destinasi wisata tersebut,” tambahnya.

Kadisparbud menjelaskan, dalam mengkaji destinasi ada faktor 5A yang wajib diperhatikan yaitu atraksi, aktivitas, aksesibilitas, akomodasi, dan amenitas. Selain itu juga harus diperhitungkan agar ketika pariwisata bangkit, dampaknya juga dirasakan oleh pelaku budaya dan ekonomi kreatif.

Dalam rapat ini hadir perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jabar, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBNPR) Jabar, Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Jabar, Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Biro Perekonomian Jabar, serta Bank BJB. Hadir pula perwakilan beberapa kabupaten untuk memberikan paparan terkait potensi daya tarik wisata Jabar Selatan.

Saat ini sudah dibentuk enam tim percepatan yang beranggotakan perwakilan dari beberapa OPD. Keenamnya bertugas untuk masing-masing kabupaten yaitu Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran.

 

Penulis: Bagusthira Evan Pratama