Enter your keyword

Disparbud Jabar Dukung Pemanfaatan Gedung Heritage di Cimahi sebagai Pusat Pengembangan Seni dan Budaya

Disparbud Jabar Dukung Pemanfaatan Gedung Heritage di Cimahi sebagai Pusat Pengembangan Seni dan Budaya

BANDUNG – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat didampingi Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Cimahi melakukan audiensi dengan PT Jaswita Jawa Barat, Rabu 27 Juli 2022. Audensi ini dilakukan guna membahas pemanfaatan Gedung Rio yang terletak di Kota Cimahi untuk diambil alih penataannya oleh Pemkot Cimahi.

Menurut Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar, Gedung Rio merupakan bangunan yang mempunyai nilai sejarah karena sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda.

“Karena sejatinya Gedung Rio ini tempat heritage, sekarang jadi tempat jual beli pertokoan, kemudian bagaimana nanti tempat ini bisa dipakai untuk publik,” ujar Kadisparbud Jabar di Hotel Grand Preanger Bandung.

Kadisparbud menambahkan, Gedung Rio bisa dimanfaatkan sebagai tempat pengembangan seni dan budaya. Hal tersebut tentunya memberikan dampak sangat positif untuk para seniman budayawan khususnya di Kota Cimahi.

“Ini akan jadi jawaban bagi seniman dan budayawan yang terus meminta kepada kita. Oleh karena itu kita akan usahakan. Ini dibantu oleh Jaswita dan Pemkot Cimahi,” katanya

Konser Sahabat Museum KAA mengusung tema ‘Art Speaks Louder Than Words – Suara Anak Negeri’. Konser ini dimeriahkan pertunjukan seni, serta peresmian komik dan maskot KAA.

“Acara ini merupakan hasil kerja sama dari Museum Konferensi Asia Afrika dan Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika dalam upaya menyebarkan nilai-nilai KAA di kalangan generasi muda,” ucap Kepala Museum KAA Dahlia Kusuma Dewi.

“Kita harapkan bahwa nilai leluhur dari seni budaya Indonesia ini bisa terus dilestarikan dan juga menjadi suguhan bernilai tinggi bagi kita semua,” pungkasnya.

Jika nantinya sudah resmi diambil alih, Gedung Rio akan ditata sedemikian rupa agar nilai historisnya tetap terpelihara. Selain itu juga akan dibuat semenarik mungkin untuk mendukung kegiatan seni, budaya, serta spot kuliner khas Jawa Barat.

Audiensi ini juga dihadiri Kepala Dinas Disbudparpora Kota Cimahi Budi Raharja, Direktur Utama Jaswita Jawa Barat Deni Nurdiyana Hadimin, beserta beberapa staff perwakilan Jaswita Cimahi.