Disparbud Jabar Promosikan Bandara Kertajati di Provinsi Bali
BALI – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat tengah bersafari ke berbagai wilayah di Indonesia untuk mempromosikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Setelah Sumatera Utara dan Kalimantan Timur, kegiatan selanjutnya diadakan di Provinsi Bali 9-10 Desember 2023.
Bali khususnya Bandara I Ngusti Ngurah Rai ditetapkan menjadi venue karena dianggap sebagai pintu gerbang untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar yakin, dengan promosi ini tingkat kunjungan ke Jawa Barat akan meningkat. Apalagi sudah ada direct flight dari Bandara I Gusti Ngurah Rai menuju Bandara Kertajati.
“Untuk itu kami sangat berkepentingan sekali mempromosikan Bandara Kertajati kepada wisatawan yang hadir di Bali untuk memperpanjang wisata mereka di Jawa Barat melalui direct flight dari Ngurah Rai ke Kertajati yang sudah beroperasi rutin tiga kali sehari,” ucap Kadisparbud Jabar.
Demi memudahkan wisatawan, Pemprov Jabar bahkan telah menyediakan tiket gratis untuk menggunakan shuttle dari Bandara Kertajati. Shuttle tersebut memiliki rute menuju Bandung, Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.
“Banyak yang sudah mulai tahu terkait Kertajati dan mendapatkan pengalaman baru. Oleh karena itu, kami terus mempersiapkan agar apa yang diinginkan wisatawan bisa terpenuhi,” ujar Kadisparbud Jabar.
Kegiatan promosi ini juga menghadirkan narasumber dari Airport Commercial Marketing Senior Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai (AP1) Jadid Abraham, GM Angkasa Pura II Nuril Huda, Direktur Utama BIJB Muhammad Singgih, Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Transportasi Dishub Jabar Dhani Gumelar serta musisi dari band Superman is Dead Eka Rock.
“Hadirnya BIJB Kertajati diharapkan seluruh masyarakat dapat terbang melalui Jawa Barat, dimana Kertajati menjadi kebanggaan Jawa Barat. Ke depannya juga akan ada program kerja sama dimana yang memiliki tiket atau boarding pass penerbangan ke Kertajati, maka akan mendapatkan diskon promo yang menarik,” ungkap GM Angkasa Pura II Nuril Huda.
Untuk menambah kenyamanan, pengelola Bandara Kertajati sudah menyiapkan sejumlah fasilitas serta layanan lain. Di antaranya welcome drink, quizz, podcast, serta merchandise yang diberikan kepada para penumpang pesawat.