Enter your keyword

Hadiri Apresiasi Kreasi Indonesia di Cirebon, Menparekraf RI Harap Produk Ekraf Jabar Naik Kelas

Hadiri Apresiasi Kreasi Indonesia di Cirebon, Menparekraf RI Harap Produk Ekraf Jabar Naik Kelas

CIREBON ā€“ Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Kota Cirebon, Minggu 19 Juni 2022. Di sana, Menparekraf menghadiri acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang diselenggarakan di Grage City Mall.

Dalam kegiatan tersebut, Menparekraf bersama Kadisparbud dan sejumlah pejabat lain mengunjungi 35 stand pelaku UMKM. Menparekraf kemudian membagikan tips yang harus dimiliki ketika menjalankan usaha atau berkarier secara profesional agar sasaran yang ditargetkan bisa tercapai.

“Dari 35 pengusaha sukses, para UKM ekonomi kreatif ini saya melihat ada kesamaan yaitu konsep 4 AS. Saya selalu bilang kerja 4 AS. Pertama kerja keras, kedua kerja cerdas, ketiga adalah kerja tuntas, dan terakhir adalah kerja ikhlas,” ucapnya.

Menparekraf juga mengimbau kepada para pelaku usaha untuk selalu mengedepankan produk-produk ekonomi kreatif. Dengan begitu, karya dalam negeri bisa bersaing memiliki nilai jual dan membuka kesempatan terciptanya lapangan pekerjaan.

“Kalau di sini kan namanya Grage City Mall, tapi kalau kita lihat beberapa produk-produknya masih produk-produk internasional. Tapi ada satu mall terbaru di Jakarta yang sekarang tidak lagi menggunakan produk dari luar negeri, tapi menggunakan anchornya adalah produk-produk kebanggaan anak bangsa, produk-produk buatan bangsa sendiri, yaitu Sarinah,” ungkapnya.

“Tapi saya lihat ini cukup bervariatif. Ini menunjukan bahwa variasi produk-produk UMKM kita ini sangat luas. Saya berharap mereka bisa naik kelas,” pungkasnya.