Enter your keyword

Kadisparbud Jabar Sampaikan Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata dalam Rapat dengan Komisi X DPR RI

Kadisparbud Jabar Sampaikan Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata dalam Rapat dengan Komisi X DPR RI

BANDUNG ā€“ Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI. Agenda tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Papandayan, Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 18 April 2022.

Pada kesempatan ini, Kadisparbud menjelaskan upaya dan strategi Pemprov Jabar dalam memulihkan sektor pariwisata pasca pandemi. Kadisparbud juga memaparkan rencana ke depan dimana ada proyek pengembangan wilayah Rebana dan Jabar Selatan sesuai instruksi dari Perpres No 87 tahun 2021.

“Di sini kami sedang mengupayakan bagaimana destinasi wisata yang ada di Cirebon Raya dan di Priangan timur bisa tumbuh sehingga ada pilihan alternatif untuk kunjungan wisata. Kami juga fokus pada pengembangan wilayah jabar selatan. Ini menjadi perhatian khusus oleh pemerintah karena Jabar selatan sangat indah dengan segala potensinya,” ungkap Kadisparbud.

Sejauh ini masih ada sejumlah kendala yang ditemukan di lapangan seperti belum optimalnya pengadaan infrastuktur. Oleh karena itu, perlu perhatian serius dari pemerintah pusat khususnya soal pendanaan.

“Ada beberapa hal yang memang harus menjadi perhatian khusus. Menurut kami segi infrastruktur perlu dimatangkan lagi dan itu ada kaitannya dengan dana,” ujar Kadisparbud.

“Pariwisata menjadi salah satu lokomotif ekonomi di Jawa Barat. Jadi jika pariwisatanya tumbuh, maka InshaAllah ekonomi kreatif juga tumbuh. Ini jadi suatu bagian terpenting mengedukasi masyarakat agar memahami bahwa wisatawan ini bagian terpenting dari peningkatan perekonomian di Jawa Barat,” sambungnya.

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf ini juga membahas perkembangan sektor pendidikan, pemuda dan olahraga, serta perpustakaan daerah. Rapat juga melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah asosiasi.