Enter your keyword

Kunjungan Kerja Jabar Selatan Hari Kedua, Disparbud Jabar Fokus Pengembangan Tata Letak Lokasi Wisata

Kunjungan Kerja Jabar Selatan Hari Kedua, Disparbud Jabar Fokus Pengembangan Tata Letak Lokasi Wisata

SUKABUMI – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar kembali melakukan kunjungan kerja yang masih berfokus di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Kegiatan ini ditujukan untuk meninjau potensi wisata yang terdapat di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

Perjalanan pada Selasa 12 April 2022 diawali dari Amphi Teater Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Pantai Mina Jaya, Wisata Karang Potong, Pantai Cipanglay, kemudian berakhir di Pantai Batukumbung. Dari kunjungan kerja itu, Kadisparbud mengatakan akan fokus pada pembangunan tata letak di tempat-tempat wisata.

Sebagai langkah awal, koordinasi dilakukan bersama Dinas Pariwisata dari kabupaten/kota. Nantinya sektor pariwisata Jabar selatan harus membangkitkan gairah ekonomi masyarakat sekitar.

“Jabar selatan ini wisata baharinya sangat banyak yang bisa dimaksimalkan. Jadi ini yang harus dibangun dan difokuskan,” kata Kadisparbud.

Menurutnya, hal pertama yang akan disusun yaitu konsep pengembangan daya tarik wisata. Contohnya memaksimalkan wisata pantai menjadi lokasi surfing berskala internasional sehingga bisa menarik minat para peselancar dari berbagai negara.

Selain itu, mindset masyarakat di sekitar tempat wisata harus diubah secara bertahap. “Ini untuk memajukan ekraf masing-masing wilayah. Jadi kita harus punya mindset toilet bersih dan penginapan yang nyaman. Karena kalau itu sudah bisa tertata rapi, pasti wisatawan betah berlama-lama di Jabar selatan,” ucap Kadisparbud.

Dalam kegiatan ini Kadisparbud turut didampingi sejumlah pejabat Disparbud Jabar seperti Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Achmad Haidar Setiawan, Kepala Seksi Promosi Mancanegara Annas Anugrah, Kepala Seksi Industri Kreatif Mochammad Yana Priatna, serta Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Umum, dan Kehumasan Asep Muliana. Kegiatan akan terus berlanjut hingga Kamis 14 April 2022.