Enter your keyword

Pemprov Jabar Dukung Penuh Misi Budaya Tim Muhibah Angklung ke Amerika Serikat

Pemprov Jabar Dukung Penuh Misi Budaya Tim Muhibah Angklung ke Amerika Serikat

BANDUNG ā€“ Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayan resmi membuka acara Pre-Journey Concert yang diselenggarakan oleh Tim Muhibah Angklung di Teater Tertutup Taman Budaya, Jumat 3 Juni 2022. Kegiatan konser Angklung ini dilaksanakan sebelum Tim Muhibah Angklung melakukan perjalanan misi budaya ke Amerika Serikat selama 35 hari, dimulai dari 1 Juli hingga 5 Agustus 2022.

Nantinya Tim Muhibah Angklung akan mengikuti dua festival internasional yaitu 34th Springville World Folkfest dan 17th Magic Valley Folk Festival. Selain itu juga direncanakan menggelar konser di beberapa kota besar di Amerika Serikat.

Perjalanan Tim Muhibah Angklung ini tentunya didukung serta diapresiasi oleh Pemprov Jabar sebagai bentuk diplomasi Angklung dan realisasi dari Undang-undang No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Diplomasi Angklung ini dinilai oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian dan membangun kolaborasi.

“Hari ini merupakan sebuah kebanggaan. Kita tidak hanya berbicara tentang melestarikan tetapi juga berbicara bagaimana Angklung ini juga menjadi bagian diplomasi Jawa Barat, diplomasi Indonesia tentu dalam koridor budaya,” ucap Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Andrie Kustria Wardana.

Kegiatan tur ke Amerika Serikat sempat tertunda 2 tahun karena pandemi. Setelah menunggu lama, akhirnya penyelenggara festival memanggil kembali Tim Muhibah Angklung untuk mempertunjukkan kesenian Jawa Barat ini di Negeri Paman Sam.

“Pihak penyelenggara menghubungi lagi, menawari untuk tampil dalam festival yang sempat tertunda. Berhubung sudah qualified, penyelenggara langsung meloloskan kami,” kata Ketua Tim Muhibah Angklung Maulana M Syuhada.

“Materi yang bakal dibawa ke USA, sebagiannya sudah ditampilkan. Pre-Journey Concert mempertunjukkan jadi dua sesi. Sesi musik tradisional dan sesi internasional. Ini hasil 7 bulan berlatih, terkumpul 20 lagu sama 6 tarian yang bakal ditampilkan nanti di festival,” pungkasnya.

Dari kegiatan Pre-Journey Concert, Tim Muhibah Angklung berharap bisa mengevaluasi penampilan agar nantinya tampil lebih baik untuk membawa harum nama Jawa Barat di kancah internasional.